Rabu, 14 Januari 2009

Soal-Soal UTS Sistem Informasi 2008

1. Diakhir abad ke-20 perkembangan IT sangat pesat.
Hal ini karena adanya percepatan dalam IPTEK. Adanya komputer yang semakin berkembang itu dampak dari percepatan dalam IPTEK sehingga perkembangan IT pun menjadi sangat pesat. Bukan hanya itu arus informasi pun menjadi lebih cepat sehingga menyebabkan timbulnya transformasi data menjadi informasi. Data tersebut biasanya dan lebih banyak diolah dengan menggunakan komputer yang pada akhirnya menyebabkan perkembangan IT pun sangat pesat.

3. Tren IT yang terjadi dimasa depan bisa kita lihat mulai dari para versatilis yang lebih dominan dibandingkan spesialis IT.
Orang-orang diLuar IT dapat dengan mudahnya mempelajari komputer tanpa harus menjadi spesialis IT. Informasi yang semakin pesat dan tak tertahan membuat para versatilis menjadi lebih mudah dan nyaman dengan menggunakan Internet. Dengan menggunakan Internet, mereka bisa mempelajari semuanya karena perusahaan-perusahaan IT pun banyak yang mengeluarkan produknya secara opensource maupun opensystem. Dengan demikian orang-orang tersebut dapat mengembangkan diri mereka sehingga dapat mengalahkan orang IT atau spesialis IT sekalipun.

5. Sertifikasi profesi Telematika yang terdapat di LSP Telematika
Menurut saya Sertifikat IT yang terdapat di LSP Telematika tidak diperlukan. Justru hal ini merugikan orang-orang yang bergerak dalam bidang IT apalagi jika sampai sertifikat yang dikeluarkan oleh LSP Telematika ini diwajibkan apabila kita melamar pekerjaan. Menurut saya ijazah Sarjana Komputer yang kita dapat melalui pembelajaran selama diperguruan tinggi sudah cukup karena Ijazah tersebut telah mencakup keseluruhan. Dan sertifikat yang dikeluarkan oleh LSP Telematika tersebut tidak berlaku untuk seterusnya, hanya berlaku selama 2 Tahun. Setelah itu kita diharuskan memperpanjang sertifikat tersebut sehingga agar menjadi bisa digunakan kembali apabila kita melamar pekerjaan lagi. Lain halnya dengan ijazah Sarjana Komputer yang dikeluarkan oleh Perguruan Tinggi yang berlaku untuk seumur hidup.

7. Pembajakan software sebaiknya mentoleransi/membiarkan pembajakan untuk aplikasi-aplikasi tertentu.
Menurut saya hal ini perlu dibatasi mengingat atas dasar kepentingan tertentu seperti dalam hal pendidikan yang diantaranya untuk pelajar dan mahasiswa yang rata-rata mempunyai dana pas-pasan, yang sudah tentu tidak mampu untuk membeli aplikasi yang asli. Oleh sebab itu mereka membeli aplikasi yang Bajakan.

Tidak ada komentar: