Rabu, 14 Januari 2009

istilah-istilah dalam dunia IT :

Internet
Istilah umum yang dipakai untuk menunjuk Network tingkat dunia yang terdiri dari komputer dan layanan servis atau sekitar 30 sampai 50 juta pemakai komputer dan puluhan sistem informasi termasuk e-mail, Gopher, FTP dan World Wide Web.

Blog
Blog merupakan singkatan dari "web log" adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Posting-posting tersebut seringkali dimuat dalam urutan secara terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web semacam itu biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut

DHTML
DHTML (dynamic HTML) adalah HTML dengan tambahan formatformat khusus dan script untuk membuat halaman-halaman Web lebih interaktif. Meski baik Microsoft Internet Explorer 4.0 dan Netscape Communicator 4.0 mendukung fitur-fitur DHTML, kedua cara yang digunakan tidak kompatibel, sehingga sebuah halaman yang ditulis dengan DHTML mungkin terlihat baik pada salah satu browser tetapi tidak bisa dibuka dengan baik pada browser lainnya.

E-mail
Surat menyurat melalui Internet. Pengguna dapat saling bertukar berita. Berita-berita itu akan dikumpulkan dalam sebuah file untuk pengalamatan yang berupa mailbox, sehingga pengguna dapat membaca berita yang ditujukan kepadanya kapan saja.

File Sharing
Kemampuan suatu jaringan untuk mengijinkan pemakaian file oleh beberapa pengguna pada saat yang bersamaan.

Firewall
Sebuah software program yang dipasang pada sebuah jaringan dan bertugas memproteksi sistem komputer dengan tujuan mengamankan Network Internal. Kadang-kadang membutuhkan layanan Proxy untuk mengizinkan suatu akses pada Web.

GPRS (General Packet Radio Service)
Layanan komunikasi berbasis paket, tanpa kabel sebagai media komunikasi. Layanan ini diperuntukkan bagi komputer jinjing (notebook). Dasar dari GPRS adalah komunikasi GSM (Global System for Mobile Communication). Kecepatan yang ditawarkan mulai dari 56 Kbps sampai dengan 114 Kbps, memungkinkan untuk mengakses Internet dengan lebih cepat.

HTTP (hypertext transfer protocol)
Protokol yang memungkinkan bermacam-macam komputer saling berkomunikasi dengan menggunakan bahasa HTML,.

Hyperlink
Link atau sambungan ke sumber lain (bisa file atau halaman yang berbeda). Biasanya digunakan dalam membangun sebuah Web.

JavaScript
Bahasa script interpreter untuk menciptakan isi yang aktif dalam halaman Web.

Localhost
Di dunia Networking, Localhost merupakan istilah yang digunakan untuk host itu sendiri. Nama localhost digunakan untuk konfigurasi aplikasi sebelum benar - benar mendapatkan hostname dari hostmasternya.

Linux
Linux adalah implementasi sistem operasi UNIX yang didistribusikan dengan gratis dan open source. Linux kompatibel dengan berbagai platform hardware, termasuk mikroprosesor Intel dan Motorola. Pertama kali dikembangkan oleh Linus Torvalds. Karena bisa dedapatkan dengan gratis dan dapat berjalan pada banyak platform, termasuk PC dan Macintosh, Linux menjadi sangat populer. Versi lain UNIX yang populer dan dapat dijalankan pada mikroprosesor Intel adalah FreeBSD.

Mailing list
Mailing list adalah cara melakukan diskusi atau berbagi informasi pada kelompok tertentu dengan bantuan email yang dikirimkan ke mailing list secara otomatis dikirimkan kepada semua anggota mailing list tersebut. Lalu lintas email ini diotomatisasikan dan diatur oleh program yang disebut mailing list manager (MLM). Dua MLM yang paling banyak digunakan adalah Listserv dan Majordomo.

Tidak ada komentar: